Sensor Kimia

Sensor kimia adalah sensor yang didesaign dan digunakan untuk menganalisa keadaan ataupun 
adanya kadar suatu zat kimia. Sensor ini termasuk non-essensial (bukan sensor dasar).

Sensor kimia dibagi menjadi 2 menurut cara deteksinya yaitu:
1. Direct Sensor
Yaitu sensor yang bekerja berdasarkan reaksi kimia yang menghasilkan besaran elektrik seperti 
resistansi, tegangan, arus atau kapasitas (tidak ada proses tranduser)


2. Complex Sensor 
Yaitu sensor yang tidak secara langsung menghasilkan besaran listrik elektrik melainkan dibutuhkan bantuan tranduser lain pada sensornya untuk menghasilkan besaran eletrik


Macam - macam sensor kimia :
1. Sensor pH
2. Sensor gas
3. Sensor ledakan
4. Sensor oksigen

1. Sensor Gas
Sensor gas adalah sensor yang berfungsi untuk mengukur senyawa gas polutan yang ada di udara seperti karbonmonoksida, hidrokarbon, nitrooksida dan lain - lain. Banyak sekali type sensor gas yang digunakan seperti sensor gas untuk mendeteksi gas LPG yaitu type TGS 2160 dan sensor gas untuk mendeteksi asap rokok type AF 30.

Sensor AF 30 adalah sensor yang dapat mendeteksi asap rokok. Jenis sensor asap secara umum dibagi menjadi 3 macam yaitu inonization smoke detector, photoelectric smoke detector, dan air sampling smoke detector. Perbedaan dari ketiga jenis smoke detector tersebut hanyalah pada metode deeteksinya. 

Cara Kerja
Pada dasarnya prinsip kerja dari sensor tersebut adalah mendeteksi keberasaan gas -gas yang dianggapa mewakili rokok yaitu gas Hydrogen dan Ethanol. Sensor AF 30 mempunyai tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap dua jenis gas tersebut. Jika sensor tersebut mendeeksi keberadaan gas - gas tersebut di udara dengan tingkat konsentrasi tertentu, maka sensor akan menganggap terhadap asap rokok di udara. Ketika sensor mendeteksi keberadaan gas - gas tersebut maka resistansi elektrik sensor akan turun, Dengan memanfaatkan prinsip kerja dari sensor AF 30 ini, maka dapat mendektesi adanya asap di suatu ruangan. Sensor ini dapat menteksi secara akurat gas dengan merasakan unsur yang terkena untuk satu sisi suatu keramik subratrate. Didalamnya mempunyai sejumlah suatu penyerap keremik untuk perlindungan melawan terhadap debu atau gas yang tidak diketahui.


2. Sensor Oksigen
Sensor Oksigen adalah perangkat elektronik yang dapat mengukut proporsi oksigen dalam gas atau cairan yang dianalisis. Sensor oksigen juga berfungsi untuk mengukur kadar atau jumlah oksigen dalam gas atau liquid.

Cara Kerja
Sensor oksigen juga digunakan dalam sistem pencegahan kebakaran udara hipoksia untuk memantau terus konsentrasi oksigen di dalam volume yang dilindungi Sensor oksigen mendeteksi jumlah oksigen dalam gas buang dan mengirim sinyal ke unit kontrol mesim yang mengatur campuran bahan bakar udara ke tingkat yang optimal.

Aplikasi 
Aplikasi sensor okdigen yang paling umum adalah untuk mengatur konsntrasi gas buang oksigen yang paling umum adalah untuk mengukur konsntrasi gas buang oksigen untuk mesin pembakaran internal dalam mobil dan kendaraan lainnya. Driver juga menggunakan perangkat serupa untuk mengukur tekanan parsial oksigen dalam gas pernapasan.





Sumber : 
žhttps://herlinawati.wordpsress.com/2010/12/12sesor-gas/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sensor_oksigen

0 komentar:

Posting Komentar