Anemometer

Pengertian 

Anemometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur/menentukan kecepatan angin. Jenis anemometer yang biasa digunakan adalah anemometer mangkok dan baling-baling. Anemometer mangkok umumnya digunakan di stasiun meteorologi. untuk mengamati keadaan cuaca. Angin yang menggerakkan mangkok membuat anemometer berputar. Kecepatan putaran itu menunjukkan kecepatan angin yang bertiup. Selain anemometer dengan propeller(mangkok), jenis anemometer yang lebih modern yaitu anemometer digital dan anemometer high range and low range.

Anemometer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin, dan merupakan salah satu instrumen yang digunakan dalam sebuah stasiun cuaca. Istilah ini berasal dari kata Yunani anemos, yang berati angin. Anemometer pertama adalah alat pengukur jurusan angin yang ditemukan oleh Leon Battista Alberti. Anemometer dapat dibagi menjadi 2 kelas yaitu yang mengukur angin dari kecepatan, dan orang - orang yang mengukur dari tekanan angin, tetapi karena ada hubungan erat antara tekanan dan kecepatan, yang dirancang untuk satu alat pengukur jurusan angin akan memberikan informasi tentang keduanya.




Fungsi Anemometer 

1. Mengukur kecepatan angin
2. Memperkirakan cuaca
3. Memperkirakan kecepatan dan arah arus


Jenis - Jenis Anemometer 

Menurut kecepatan:
1. Anemometer piala
2. Anemometer kincir angin
3. Anemometer laser Doppler
4. Anemometer sonik
5. Anemometer bola pingpong
6. Anemometer hot-wire

Menurut tekanan:
1. Anemometer piring
2. Anemometer tabung 




Cara Kerja 

Dengan adanya hembusan angin yang mengenai baling - baling pada perangkat tersebut. Putaran  dari baling - baling tersebut akan di konversi menjadi sebuah besaran dalam bahasa matematika. Baling - baling pada anemometer digunakan sebagai alat reseptor atau menangkap suatu rangsangan berupa hembusan angin. Setelah baling - baling berputar maka hal ini akan menggerakan sebuah alat yang akan mengukur kecepatan angin yang berhembus melalui putaran dari baling - baling pada anemometer. Jenis yang paling sederhana adalah cup anemometer. Cup anemometer terdiri dari tiang vertikal dengan empat lengan horisontal menempel ke atas. Piala yang melekat pada ujung empat lengan, dan angin menyebabkan cup untuk memutar lengan sekitar tiang tengah. Cup anemometer rentan terhadap gesekan yang membuatnya kurang akurat pada versi yang lebih maju.

Sumber : 
http://komponenelektronika.biz/fungsi-anemometer.html
http://www.news.tridinamika.com/kegunaan-anemometer-yaitu-mengukur-kecepatan-angin
http://www.penguji.com/pengertian-anemometer-dan-jenisnya/






0 komentar:

Posting Komentar